Selasa 26 Apr 2022 13:13 WIB

4 NFT Bored Ape Yacht Club Senilai Rp 36 Miliar Dicuri Peretas

Tidak jelas bagaimana peretas mengakses akun Instagram BAYC.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
NFT The Bored Ape nomor 4,418
Foto: reuters
NFT The Bored Ape nomor 4,418

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencipta Bored Ape Yacht Club, Yuga Labs, sedang menyelidiki serangan phishing setelah seorang peretas mencuri NFT senilai hampir 2,5 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 36,062 miliar melalui akun Instagram resmi Bored Ape. Perusahaan mengungkapkan peretasan pada Senin (25/4/2022) pagi dalam tweet yang memperingatkan pengikut untuk tidak mengeklik tautan atau membuat token baru.

Per tangkapan layar yang dibagikan oleh The Block, peretas di balik serangan itu mencuri 133 NFT setelah menggunakan akun Instagram BAYC untuk mempromosikan “airdrop” palsu. Pada dasarnya penipuan itu menjanjikan token gratis kepada orang-orang jika menggabungkan dompet MetaMask mereka ke situs yang ditautkan melalui post.

Baca Juga

Tidak jelas bagaimana peretas mengakses akun Instagram BAYC. Yuga Labs juga belum mengumumkan apakah itu akan memberikan kompensasi kepada mereka yang terkena dampak penipuan.

“Pada saat peretasan, otentikasi dua faktor diaktifkan dan keamanan di sekitar akun IG mengikut praktik terbaik,” kata perusahaan itu, dilansir dari Engadget, Selasa (26/4/2022).